Kejaksaan Negeri Tanjung Perak
Barang Bukti Galeri Kegiatan Pidum Pilihan Redaksi

Pemusnahan Barang Bukti Kejaksaan Negeri Tanjung Perak.

Pemusnahan Barang Bukti Kejaksaan Negeri Tanjung Perak.

Bidang Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejari Tanjung Perak melakukan pemusnahan barang bukti dengan total 150 perkara yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht).

Kepala Seksi Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejari Tanjung Perak Adhief Swandaru, SH menjelaskan, bahwa barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari:
a. 128 perkara yang merupakan perkara sabu-sabu dari bulan Oktober, November dan Desember 2019 dengan jumlah ±2.141,287 gram (dua ribu seratus empat puluh satu koma dua ratus delapan puluh tujuh ) gram beserta alat hisap sabu.
b. 1 perkara yang melanggar Undang-Undang Kesehatan berupa alat kecantikan / kosmetik (parfum, bedak, masker wajah, pelembab, lipstik, dan pensil alis).
c. 2 perkara Undang-Undang Darurat no. 12 tahun 1951 yang terdiri 2 (dua) kantong plastik beiri TNT dengan berat 256 gram (dua ratus lima puluh enam) gram dan 3 (tiga) buah senjata api jenis shoftgun.
d. 18 perkara yang melanggar Keamanan Negara dan Ketertiban Umum yang terdiri dari alat judi berupa kartu remi, Domino, dadu, buku rekapan, Spidol, dan papan.
e. 1 perkara extacy dengan jumlah 28 butir ± 5,92 (lima koma sembilan puluh dua) gram dan pil double L dua (dua) kardus berisi ± 200.000 (dua ratus ribu) butir .

“sebelum acara pemusnahan barang bukti atas perkara yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht) dimulai, terlebih dahulu dilakukan pengecekan barang bukti yang akan dimusnahkan, dimana pengecekan barang bukti tersebut dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Perak ,” ujar Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejari Tanjung Perak Adhief Swandaru SH.

Lebih lanjut Adhief Swandaru SH menjelaskan, pemusnahan barang barang bukti tersebut itu telah sesuai Berita Acara pemusnahan barang bukti tanggal 16 Juni 2020.

“pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan dengan berbagai macam cara antara lain barang bukti dibakar dan dihancurkan dengan menggunakan mesin gerinda, kegiatan pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan di halaman Kejaksaan Negeri Tanjung Perak,” pungkas Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejari Tanjung Tanjung Perak. (put/gus)

Related posts

Kajari Tanjung Perak Pimpin Upacara Bendera di SMPN 2 Surabaya

kemayoran01

Penyerahan Berkas Barang Rampasan

Putri Oka

Kunjungan Tim Kemenpan RB

kemayoran01